Irfan Rojeki

Bahan Dasar Masakan Jepang




Makanan Jepang sudah begitu kental di lidah sebagain besar orang Indonesia. Sudah banyak tempat makan yang menyajikan masakan Jepang. Mulai restoran mahal sampai tenda kaki lima di pinggir jalan. Nah, kalau Anda memang salah satu penggemar japanese food, yuk kita coba mengenal berbagai macam bumbu khas yang mereka gunakan. Berikut 7 Bumbu Dasar Khas Masakan Jepang, yaitu :

1. Tofu
Memiliki bentuk silinder yang dikemas dalam kemasan plastik tebal. Saat ini sudah banyak aneka macam rasa seperti ayam, udang atau telur. Tofu memiliki tekstur yang lembut dan warnanya putih kusam.

2. Uni Paste
Salah satu bumbu utama dalam pembuatan sushi. Rasanya gurih karena terbuat dari telur landak laut yang dihaluskan. Bentuknya kental kecokelatan. Toko yang menyediakan bahan makanan Jepang biasanya menyediakan bumbu ini.

3. Shoyu
Disebut juga soy sauce atau kecap asin. Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tepung dan garam. Digunakan sebagai pelengkap makan sushi atau sashimi, atau dicampur dalam sup atau ramen

4. Hondashi
Umumnya dipakai sebagai bahan dasar dalam pembuatan sup dan saus. Terbuat dari bonio flakes, rumput laut serta teri besar direbus hingga sarinya keluar. Dijual dalam bentuk kemasan kecil dengan aroma khas seafood yang cukup tajam.

5. Miso
Terbuat dari fermentasi kedelai juga, tapi berbentuk pasta, rasanya asin. Digunakan sebagai bumbu sup miso atau ramen, bisa juga sebagai bumbu untuk daging, ayam atau ikan.

6. Jamur Enoki
Bentuknya panjang dengan payung jamur yang kecil dan warnanya putih. Bahan ini sangat cocok jika digunakan untuk salad, sup atau digoreng. Biasanya dijual dalam kemasan kotak plastik atau plastik kedap udara.

7. Tepung Panko
Tepung panir yang khas berwarna putih yang sering dipakai untuk melapisi bahan makanan yang digoreng seperti ayam, udang, cumi atau makanan lain. Saat ini sudah tersedia di pasar swalayan atau toko yang menjual bahan kue.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info dengan judul Bahan Dasar Masakan Jepang. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2012/02/bahan-dasar-masakan-jepang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Bahan Dasar Masakan Jepang"

Posting Komentar