Irfan Rojeki

Mahasiswa Berhasil Ciptakan Motor Berbahan Bakar Gas

img

Kegelisahan pada kenyataan makin menipisnya cadangan minyak bumi sudah menjalar kemana-mana. Solusi pun ramai-ramai dicari. Dan mahasiswa dari Australia sepertinya tidak mau ketinggalan. Mereka pun menciptakan motor yang bisa berjalan dengan bahan bakar udara.

Mahasiswa jurusan desain industri di RMIT, Australia bernama Dean Benstead dengan cerdik memanfaatkan udara terkompresi untuk dijadikan bahan bakar pengganti bahan bakar fosil yang saat ini banyak digunakan.

Purwa rupa alias prototipe motor udara buatan Benstead itu dinamakan '02 Pursuit' dan Benstead pun percaya bahwa sistem yang saat ini sedang ditelitinya akan banyak digunakan di kendaraan masa depan.

"Konsep ini berevolusi dari penelitian mulai dari sketsa dan pemodelan komputer sebelum chassis dan bodywork dibangun dan difabrikasi di pabrik lokal, Rinlatech Engineering," jelas Benstead seperti detikOto kutip dari visordown, Jumat (11/11/2011).

"Aku ingin meneliti kemungkinan kelangsungan hidup udara terkompresi sebagai bahan bakar alternatif, dan pengalaman masa kecil saya naik dirt bike membawa saya untuk merancang motorcross berbasis di mesin Engineair," paparnya lagi.

Motor bertenaga udara ini didasarkan pada motorcross 250 cc yang menggunakan gear dari Yamaha WR240F dan mesin udara Engineair DiPietro sebagai sumber tenaganya.

Dalam bentuk yang sekarang ada, motor ini telah diuji dan berhasil mencapai kecepatan 100 km/jam. Benstead percaya dengan penelitian lebih lanjut kemampuan motor ini tentu akan bisa lebih ditingkatkan lagi.

"Prototipe berikutnya akan memiliki gaya yag beda, pemilihan material yang juga beda dengan sasis pipa baja yang saat ini digunakan, bisa jadi akan menggunakan bahan seperti aluminium atau titanium yang bisa mereduksi berat sampai sebanding dengan berat sebuah sepeda gunung," pungkasnya.

Menurut rencana, motor berbahan bakar udara bernama 02 Pursuit akan diperlihatkan pada ajang Sydney Motorcycle & Scooter show yang akan dilangsungkan di Australia pada tanggal 25 November mendatang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info dengan judul Mahasiswa Berhasil Ciptakan Motor Berbahan Bakar Gas. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/11/mahasiswa-berhasil-ciptakan-motor.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Mahasiswa Berhasil Ciptakan Motor Berbahan Bakar Gas"

Posting Komentar