Irfan Rojeki

Bukti,Tua Tak Dapat Dihindari



Sepandai-pandainya suami menyimpan istri muda, akhirnya pasti tua juga," begitulah bunyi sebuah peribahasa Tiongkok kuno. Memang menjadi tua, terutama bagi seseorang perempuan, tampaknya kurang menyenangkan. Di sekitar mata, kulit mulai mengerut, warna menjadi gelap.


Sedangkan di bagian wajah lain, seperti di dahi, mulai terlihat garis-garis melintang, bintik-bintik hitam, kulit kasar, atau di bagian bawah dagu serta leher kulit mulai bergelambir. Tentu seseorang tak menginginkan kulit yang menua datang sedini mungkin. Meski usia tak bisa dibohongi, sebisa mungkin kulit tetap kencang, licin, dan kenyal.

Tak aneh jika banyak cara dilakukan agar tetap awet muda, mulai cara yang tradisional sampai modern, misalnya dengan bedah plastik. Nah, hasrat tetap muda ini dimanfaatkan berbagai perusahaan kosmetik untuk berlomba-lomba menawarkan produknya. Mereka membujuk para perempuan dan laki-laki untuk memakai produk yang membuat wajah tetap seperti muda.

Hasil survei Independent Research Agency Taylor Nelson Sofres (TNS) terhadap 1.800 perempuan di kawasan Asia baru-baru ini menunjukkan, seseorang merasakan perubahan kulit dan membutuhkan perawatan mulai usia 20 tahun. Penelitian ini dilakukan di India, Indonesia, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Korea. Di Indonesia terdapat 780 responden. "Para perempuan umumnya menyangkal tanda-tanda penuaan dini," ujar juru bicara Protect and Gamble, Junita Kartikasari.

Menurut ahli kecantikan kulit internasional, David Khoo, tanda-tanda penuaan dini meliputi munculnya garis dan kerutan halus, tekstur kulit yang kusam, warna kulit tidak merata, permukaan kulit yang kusam, pori-pori menonjol, bintik-bintik hitam, dan kulit kering. "Sering tidak disadari tanda-tanda yang muncul ini. Intervensi lebih dini cukup membantu," ujarnya.

Khoo menuding sinar matahari sebagai faktor terbesar perusak kulit dan membuat penuaan dini. Faktor lainnya adalah merokok dan gaya hidup tidak sehat. Menurut dia, kosmetik dengan bahan aktif niacinamide, yang kaya vitamin B3; tocopheryl acetat, yang kaya vitamin E; dan panthenol, dengan pro-vitamin B5, membantu kelambatan penuaan, dengan cara membuat kulit lembap dan kenyal. Bahan kosmetik dengan bahan yang kaya asam amino dan mineral juga berfungsi membantu menghaluskan permukaan dan tekstur kulit wajah.

Perusahaan kosmetik lain, Oriflame, juga meluncurkan produk yang diklaimnya sebagai senjata yang memperlambat munculnya kerutan. Terutama untuk para perempuan yang berusia di atas 35 tahun atau yang berkebutuhan khusus. "Produk ini mengandung kombinasi formula tri-peptide complex dan asam hyaluronic untuk mengurangi kerutan, baik kepanjangan, kedalaman, maupun kelebarannya," ujar wakil Oriflame Indonesia, Tussy Inggriani.

Bahan-bahan kosmetik itu terbuat dari gizt, gandum, dan sari pati tepung beras. Bahan-bahan ini berfungsi untuk mengaktifkan kolagen, meregenerasi sel kulit, dan menambah kekuatan kulit. "Produk serum antikerut Ecollagen berfungsi untuk membuka jaringan dan melumasi kulit serta melembapkan dan menyamarkan kerutan," katanya. Menjadi tua tak bisa dilawan, tapi hidup sehat dan kecantikan dari dalam diri sangat penting dirawat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Unik dengan judul Bukti,Tua Tak Dapat Dihindari. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/tua-tak-dapat-dihindari.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Bukti,Tua Tak Dapat Dihindari"

Posting Komentar