Irfan Rojeki

Tiga Patung Lego Menjelajah ke Jupiter


Galileo Galilei, dewa Romawi Jupiter, dan istrinya, Juno. Ketiga patung LEGO putih setinggi hampir 4 sentimeter yang dibentuk menyerupai ketiga tokoh itu dibawa wahana antariksa Juno ke Jupiter ketika wahana tersebut meluncur pada Jumat lalu. Ketiga patung mini atau figurine itu adalah bagian dari program pendidikan dan kerja sama yang dikembangkan dalam kemitraan antara NASA dan LEGO Group untuk menginspirasi anak-anak agar mengeksplorasi sains, teknologi, rekayasa, dan matematika.

Dalam mitologi Yunani dan Romawi, Jupiter menarik selubung awan di sekelilingnya untuk bersembunyi dan menutupi kenakalannya. Dari Gunung Olympus, Juno dapat mengintip menembus awan dan mengungkap jati diri suaminya.

Juno memegang sebuah kaca pembesar yang melambangkan pencariannya terhadap kebenaran, sedangkan suaminya memegang petir. Anggota awak LEGO ketiga adalah Galileo Galilei, ilmuwan yang menemukan sejumlah penemuan penting tentang Jupiter, termasuk empat satelit terbesar Jupiter dan dinamai sebagai bulan-bulan Galilean untuk menghormatinya. Dalam perjalanan menuju planet itu, miniatur Galileo membawa teleskopnya.

Bagai dewi Romawi yang dapat melihat menembus pekatnya awan, misi wahana Juno senilai US$ 1,1 miliar itu juga diharapkan bisa melihat apa yang ada di balik awan tebal yang menutupi planet gas raksasa itu untuk pertama kalinya. Instrumen kamera warna yang dibawa Juno akan mengabadikan warna awan Jupiter secara close-up untuk membentuk citra planet itu yang sebenarnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info dengan judul Tiga Patung Lego Menjelajah ke Jupiter. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/tiga-patung-lego-menjelajah-ke-jupiter.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Tiga Patung Lego Menjelajah ke Jupiter"

Posting Komentar