Irfan Rojeki

Ternyata Uban Muncul Akibat Stress



Stres terbukti bisa memicu berbagai penyakit. Sebut saja, mulai dari penyakit jantung, darah tinggi, kanker, hingga stroke. Selain bisa menimbulkan penyakit, stres berkepanjangan (kronis) ternyata juga bisa membuat rambut seseorang menjadi putih atau beruban.

Menurut sejumlah peneliti dari Duke University, North Carolina, Amerika Serikat, warna rambut yang berubah disebabkan hormon adrenalin yang muncul ketika stres. Hormon tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh, salah satunya membuat warna rambut berubah.

Peneliti menemukan hal ini setelah menyuntikkan adrenalin selama beberapa minggu. Mereka ingin melihat efek dari stres berkepanjangan yang dialami seekor tikus. Setelah disuntikkan adrenalin, protein anti-kanker yang disebut p53 menurun.

Padahal p53 ini dijuluki sebagai 'penjaga gen' yang memperbaiki Deoxyribonucleic acid (DNA) yang rusak. DNA, satu molekul penting bagi semua sel hidup, menyimpan kode genetik yang menentukan semua ciri-ciri manusia, seperti warna kulit, mata, jenis rambut, dan sebagainya.

Nah, kerusakan DNA inilah yang menyebabkan penurunan produksi pigmen untuk rambut. Akibatnya warna rambut berubah menjadi putih. "Penelitian ini juga bisa menjawab stres kronik memicu penurunan kondisi manusia, termasuk rambut beruban," kata Robert Lefkowitz, peneliti dari Duke University, North Carolina. Hasil penelitian tentang uban ini secara lengkap ditulis di dalam jurnal Nature.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Ternyata Uban Muncul Akibat Stress. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/ternyata-uban-muncul-akibat-stress.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Ternyata Uban Muncul Akibat Stress"

Posting Komentar