Irfan Rojeki

Tablet Android Murah ,ZTE Light Plus


 
Sejatinya sistem operasi Google Android 2.3 (Gingerbread) adalah platform teranyar untuk telepon seluler. Ini adalah generasi penerus dari OS Android 2.2 (Frozen Yoghurt alias Froyo).

Namun, kini banyak perangkat komputer tablet yang mengadopsi sistem operasi tersebut. Beberapa perusahaan teknologi yang menggunakan platform ini pada tablet buatannya di antaranya, HTC, Vizio, Reliance, dan ZTE.

HTC sudah mendaratkan tablet Android Gingerbread-nya, HTC Flyer di Indonesia pada Mei lalu. Sementara nama vendor Vizio dan Reliance belum terlalu menggema di Tanah Air.

Dibandingkan HTC Flyer yang dibanderol sekitar Rp 6 juta dan menyasar pasar menengah ke atas (high-end), ZTE Light Plus Tab merupakan tablet pertama yang berjalan dengan Android Gingerbread untuk segmen menengah ke bawah (low-end). Harga yang dipatok untuk tablet penerus ZTE Light Tab ini kurang dari Rp 3 juta.

Kendati Google sudah menyediakan platform khusus untuk tablet, yakni Android 3.0 (Honeycomb), ZTE tetap memilih Android Gingerbread karena bisa dibenamkan kartu Subscriber Identity Module (SIM) dari operator seluler sehingga memungkinkan panggilan telepon, SMS, MMS dan memudahkan koneksi Internet di masa saja berada.

“Kami membuat PC tablet berkualitas, tapi harganya tidak memberatkan keuangan konsumen,” kata Susanto Susilo, Direktur Divisi Terminal ZTE Indonesia di Jakarta, Selasa pekan lalu.

Tablet ZTE Light Plus Tab hadir dengan layar seluas 7 inci dan resolusi 1024 x 600 piksel dengan kapasitas memori 8 gigabita yang bisa ditingkatkan menjadi 32 gigabita melalui kartu memori Micro SD.

Fitur hiburan yang tersedia pada tablet ini di antaranya dual kamera 3 megapiksel yang bisa diperbesar sampai lima kali, plus CMOS sensor, audio output jack 3,5 milimeter, dan audio channel Dolby Stereo sound.

Untuk kebutuhan komunikasi, tablet tersebut bisa berjalan di jaringan selular GSM 900/1800 MHz, UMTS 2100 Mhz, HSDPA 7,2 Mbps, dan HSUPA 5,76 Mbps. “Kami bekerja sama dengan operator seluler PT XL Axiata untuk paket bundling gratis tiga bulan berlangganan Internet tanpa batas,” kata Susanto.

Kedatangan tablet generasi kedua ZTE ini membuat pendahulunya banting harga. Kini ZTE Light Tab yang masih menggunakan Android Froyo dibanderol Rp 1,999 juta atau dipangkas Rp 1 juta dibandingkan harga ketika pertama kali diluncurkan sekitar lima bulan lalu.

Selain ZTE, beberapa vendor tablet yang bermain di segmen low-end antara lain Huawei dan Tabulet. Huawei misalnya memperkenalkan tablet Huawei MediaPad yang berjalan dengan sistem operasi Android Honeycomb pada ajang CommunicAsia 2011 yang berlangsung di Singapura, Juni lalu.

Tablet berlayar selulas 7 inci itu juga didukung prosesor dual-core berkecepatan 1,2 GHz dan kamera 5 megapiksel. Sayangnya, belum jelas kapan tablet ini akan tiba di Indonesia.

Adapun Tabulet Troy yang dijual dengan harga Rp 2,3 juta mengedepankan fungsi prosesor yang setara dengan iPad. Tablet buatan PT Erasa Mandiri Teknosis ini menggunakan prosesor ARM Cortex A9 yang notabene juga dipakai pada iPad 2.

Sayangnya, kapasitas memori internal pada tablet tersebut hanya sampai 4 gigabita dan masih mengadopsi platform Android Froyo. Namun, pengguna bisa meningkatkan sistem operasinya menjadi Android Gingerbread secara online.


RINI KUSTIANI | BERBAGAI SUMBER

Spesifikasi ZTE Light Plus Tab

- Sistem Operasi : Android 2.3 (Gingerbread)
- Prosesor : Qualcomm 1 GHz
- RAM : 512 MB
- Memori : 8 GB
- Layar : TFT LCD Capacity Touch Screen
- Luas Layar : 7 inci (1024 x 600 piksel)
- Kamera : 3 MP
- Baterai : Lithium Ion 3400 mAh
- Daya tahan : 500 jam stand by
- Jaringan Selular : GSM 900/1800 MHz; UMTS 2100 MHz; HSDPA 7,2 Mbps; dan HSUPA 5,76 Mbps
- Konektivitas : Wi-Fi; Bluetooth; USB 2.0; audio jack 3,5 mm; MMC, SD, SDHC memori card
- Dimensi : 192 x 110 x 12,6 mm
- Bobot : 389 gram
- Harga : < Rp 3 juta
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknologi dengan judul Tablet Android Murah ,ZTE Light Plus. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/tablet-android-murah-zte-light-plus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Tablet Android Murah ,ZTE Light Plus"

Posting Komentar