Irfan Rojeki

Petinggi IBM Yakin Era PC Sudah Selesai

Tepat hari ini, 12 Agustus 2011, merupakan ulang tahun ke-30 IBM 5150 PC, yang kemunculannya sering disebut sebagai tonggak bagi era Personal Computer (PC).


Namun dua hari sebelum hari bersejarah ini, Mark Dean, Chief Technology Officer IBM, malah mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Ia yakin bahwa era PC sudah lewat. Kini merupakan era post-PC.


Pernyataan ini dinilai mengejutkan. Sebab, Dean merupakan salah satu kepala yang ikut membentuk bisnis PC IBM, perusahaan yang dikenal sebagai pemimpin dalam bisnis ini, yang menjual ratusan juta unit PC dan melakukan penetrasi hingga ke rumah tangga.


"Secara pribadi saya juga sudah meninggalkan PC. Komputer utama saya adalah tablet," ujarnya dalam tulisannya yang berjudul IBM Leads the Way to Post-PC era (IBM Memimpin ke Era Post-PC), yang diposting di blog asmaterplanet.com.


Ia megaku awalnya tidak mengira dapat melihat akhir dari era PC saat ia masih hidup. "PC bukan lagi pemimpin dalam komputasi. Mereka akan menempuh jalan yang sama dengan piringan hitam atau mesin ketik,” ujarnya.


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa saat ini yang terpenting di mata publik bukanlah hardware, melainkan layanan yang dapat diakses melalui perangkat keras itu sendiri.


"Yang terpenting adalah ruang sosial di antara perangkat tersebut, tempat di mana orang dan ide bertemu dan menghasilkan dampak besar pada ekonomi dan masyarakat," ujarnya.


Ia bangga menjadi bagian dari IBM. Walaupun merasa sedikit janggal, ia mengaku bangga dengan keputusan IBM meninggalkan bisnis komputer personal 2005 dengan menjual divisi ini pada Lenovo.


"Saat itu banyak orang mempertanyakan keputusan IBM, namun sekarang jelas bahwa perusahaan kami adalah garda depan era Post-PC,” ujarnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita Dunia dengan judul Petinggi IBM Yakin Era PC Sudah Selesai. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/petinggi-ibm-yakin-era-pc-sudah-selesai.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Petinggi IBM Yakin Era PC Sudah Selesai"

Posting Komentar