Irfan Rojeki

Pesawat Tempur Tercepat

 
Uji coba prototipe pesawat tempur Amerika Serikat bernama Falcon Hypersonic Technology Vehicle 2 (Falcon HTV-2) gagal setelah kendaraan tersebut terhempas ke Lautan Pasifik, Kamis, 11 Agustus 2011, waktu setempat.

“Kami belum tahu bagaimana mengendalikan pesawat selama terbang. Ini mengesalkan. Pasti ada solusinya,” ujar manajer program Falcon HTV-2, Chriz Schulz.

Peluncuran Falcon HTV-2 berada di bawah tanggung jawab Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), sebuah organisasi pengembangan teknologi di bawah Pentagon. Insinyur merancang pesawat bisa mencapai posisi manapun di permukaan bumi dalam waktu kurang dari satu jam.

Daya jelajah yang cepat dan luas ini disebabkan kecepatan terbang pesawat yang mencapai 20 mach atau 6,8 kilometer per detik, menjadikan Falcon HTV-2 sebagai pesawat tempur tercepat yang pernah dibuat manusia. Material pesawat juga dibuat sangat tangguh karena bisa bertahan pada temperatur 2000 derajat Celsius.

Chriz menjelaskan, saat uji coba dilakukan, Falcon HTV-2 ditandemkan dengan pesawat pengangkut Minotaur IV yang mengangkut pesawat ini ke lintasan yang diinginkan. Kamera yang dipasangkan di tubuh roket mengkonfirmasi pemisahan kedua pesawat dan Falcon HTV-2 terbang pada kecepatan 20 Mach.

Ruang pengendali sempat merekam pergerakan pesawat selama sembilan menit. Setelahnya, sinyal dari pesawat tak terdeteksi. Indikasi awal dari lintasan pesawat menunjukkan Falcon HTV-2 jatuh di Lautan Pasifik.

“Sebelum penerbangan uji coba, tim teknis sudah melakukan simulasi canggih memanfaatkan terowongan angin. Namun, simulasi ini belum memberikan seluruh informasi,” terang Chriz.

DARPA sendiri akan menindaklanjuti kegagalan ini dengan melakukan analisis lanjutan terhadap data penerbangan yang telah dikumpulkan. Data ini akan menjadi pengetahuan penting dalam pengembangan pesawat tempur selanjutnya karena manusia belum pernah menerbangkan pesawat pada kecepatan 20 Mach di atmosfer.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Unik dengan judul Pesawat Tempur Tercepat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/pesawat-tempur-tercepat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Pesawat Tempur Tercepat"

Posting Komentar