Irfan Rojeki

Pemain Timnas Konsumsi Buah dan Sayur ,untuk menjaga Stamina


Fisik tim nasional Indonesia beberapa hari ini mendapat gemblengan di pemusatan latihan di Stadion Krakatau Steel, Cilegon. Firman Utina cs menjalani latihan sejak pukul 16.00 WIB setelah jadwal sesi kedua pada pukul 22.00 WIB dicoret untuk menyesuaikan dengan puasa Ramadan. Mathias Ibo, fisioterapis tim nasional, menyiasati program latihan secara berjenjang.

Mathias, 32 tahun, yang pernah menjadi fisioterapis timnas di Piala AFF 2010, membagi program latihan menjadi dua. Pertama untuk asupan makanan pemain yang dipercayakan kepada Dokter Erwin. Kedua, selain memperbanyak pertandingan persahabatan, latihan fisik ditingkatkan intensitasnya. Latihan memang tak bisa dipaksa dan diberikan masa pemulihan yang cukup bagi pemain.

"Program latihan yang diberikan seperti latihan tanpa bola dan body fitness (kebugaran tubuh)," ujar Mathias, jebolan jurusan fisioterapis olahraga Thim van der Laan University College of Physiotherapy, Utrecht, Belanda.

Program latihan ini digelar untuk mempersiapkan diri melawan Iran pada putaran ketiga kualifikasi Pra-Piala Dunia 2014 Zona Asia, 2 September mendatang. Secara umum, menurut Mathias, pemain diberikan asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Vitamin-vitamin juga diberikan agar kebugaran fisik pemain tetap terjaga dan tak lekas sakit.

Untuk memaksimalkan hasil, Dokter Erwin akan melakukan kontak secara terus-menerus dengan chef hotel yang ditinggali pemain. Ini dilakukan untuk terus memonitor asupan makanan. "Supaya mereka kuat, kami berikan banyak buah-buahan dan sayur," ujarnya.

Program latihan di Cilegon sendiri, menurut pria kelahiran Malang itu, sangat kurang. Pasalnya, dalam waktu empat pekan, fisik pemain belum mencapai puncak. Waktu terbaik untuk memoles fisik pemain idealnya adalah delapan pekan.

Mathias memberi contoh belum mencapai puncaknya performa para pemain Liga Primer Inggris pada pekan-pekan pertama. Hal ini karena seniman lapangan hijau tersebut tidak mendapat porsi latihan pramusim yang cukup. "Lihat saja permainan Wayne Rooney. Pasti belum 'panas' pada satu-dua pertandingan awal Liga Inggris," katanya.

Mathias melihat jebloknya fisik pemain ketika tampil melawan Turkmenistan pada laga kedua prakualifikasi lantaran kurangnya waktu pemulihan. Para pemain tampil setelah beberapa pekan beristirahat seusai berakhirnya kompetisi Liga Super Indonesia. Skuad Garuda, menurut dia, hanya mampu berkonsentrasi selama 70 menit melawan Turkmenistan.

Meski sulit menjangkau konsentrasi sampai akhir permainan, Mathias optimistis timnya bisa meladeni permainan Iran di Stadion Azadi. "Paling tidak, pemain bisa berkonsentrasi 80 menit. Butuh 6-8 pekan latihan bagi pemain untuk berkonsentrasi penuh selama pertandingan," katanya.

Indonesia tinggal berupaya menjadi runner-up di bawah Iran, favorit kuat pemenang Grup E untuk tampil di putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil. Mathias melihat peluang skuad Wim Rijsbergen untuk melakukannya cukup terbuka. Namun dia ingin anak asuhnya bisa menjadi juara grup untuk membuktikan kepada publik Indonesia bahwa timnas mampu tampil di ajang sepak bola dunia.

"Ini saatnya bagi kita tampil di Piala Dunia," ujarnya. Dia optimistis bergabungnya dua bintang Persipura, yakni Ian Luis Kabes dan Boaz Solossa, akan banyak membantu tim. Mathias menepis rumor bahwa Boaz ogah-ogahan mengikuti pemusatan latihan. Pencetak gol tersubur Liga Super Indonesia musim lalu itu buktinya langsung berbaur dengan rekan setimnya. "Tidak ada masalah," katanya.

Indonesia akan melakukan uji coba melawan Palestina di Stadion Manahan, 22 Agustus. Lima hari kemudian, giliran Yordania yang akan menjadi lawan tanding. Skuad Merah Putih bergabung dengan Iran, Bahrain, dan Qatar di Grup E di penyisihan Pra-Piala Dunia 2014.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Olahraga dengan judul Pemain Timnas Konsumsi Buah dan Sayur ,untuk menjaga Stamina. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/pemain-timnas-konsumsi-buah-dan-sayur.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Pemain Timnas Konsumsi Buah dan Sayur ,untuk menjaga Stamina"

Posting Komentar