Irfan Rojeki

Motor Honda New Blade 2011


Ada yang menarik dari New Honda Blade ketika Kompas.com mengikuti acara test ride di halaman kolam renang Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (28/7) lalu yang digelar siang hingga sore, setelah paginya diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta Convention Center (JCC), tak jauh dari lokasi tes. Ciri khas Blade pada desain lampu utama yang bersanding dengan sein dan letaknya di bawah, pada bebek baru ini mereka terpisah.

Posisi lampu utama naik ke atas (di setang), sedang lampu seinnya lebih panjang beraksen futuristik dan dilengkapi inner lens sehingga cahaya lebih jelas dan mudah terlihat. Kalau dipandang dari depan, kesan sportnya begitu kuat dipadu sudut lancip dan lekukan (lebih ke atas) yang tajam pada tameng, mengesankan bebek bermesin 110 cc ini memiliki performa yang galak.

Bagian lain yang mendukung kesan sport, paling nyata tampak pada desain knalpot model supersport. Mufflernya pun baru plus ada pelindung panas berlapis krom.

Asyiknya, ketika digeber suara yang dihasilkan lebih garing dari model sebelumnya. Begitu juga saat gas ditutup, raungannya lebih nyaring. Tipikal suara seperti ini sangat disukai anak muda yang menyukai balap.

Dibuat ngebut pun, Blade tidak mengkhawatirkan pengendaranya. Bahkan berani melakukan titik pengereman lebih dekat sebelum menikung karena rem belakangnya dilengkapi sistem cakram. Tentu lebih pakem dibanding model teromol. Sedang rem depan juga cakram, sehingga memperkuat tampilan sport.

Saat menikung, usah takut motor tergelincir akibat pijakan kaki menyentuh aspal. Pada Blade baru, pijakan kaki dirancang fleksibel seperti pada motor sport. Selain itu, model lampu belakang juga baru dipadu dengan pegangan belakang yang fungsionil.

Ketika kompas.com menjajal di lintasan yang dirancang untuk merasakan handling dan akselerasi, memang performa sedikit lebih galak dibanding model sebelumnya. Padahal, mesin masih sama dengan model sebelumnya 110 cc, SOHC 4 Tak. Hanya jantung pacu yang baru ini telah disempurnakan dengan teknologi HIVC (Honda Variable Ignition Control Technology). Kelebihannya, proses pengapian lebih efisien, tarikan lebih bertenaga dan diklaim tetap hemat bahan bakar.

Untuk akselerasi, tenaga mesin seperti ada jedah sedikit ketika grip gas dibetot dari awal. Tapi, saat putaran mesin sudah berada di atas 1.700 rpm, butuh tenaga seketika pun langsung didapat.

Secara keseluruhan, tampilan New Honda Blade cukup baik. Sayangnya, model "kick starter" tak beda dengan bebek-bebek lama dan tidak dilapisi dengan karet. Satu lagi, pegangan kaca spion, seharusnya lebih sporty, sehingga melengkapi kesempurnaan tampilan sportnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info dengan judul Motor Honda New Blade 2011. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/motor-honda-new-blade-2011.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Motor Honda New Blade 2011"

Posting Komentar