Irfan Rojeki

Indonesia Desain Kereta Wi-Fi

Penumpang kereta api yang suka berselancar di dunia maya tak perlu khawatir aktivitasnya akan terhambat jika menggunakan moda transportasi kereta api.

Kini PT. Kereta Api Indonesia menyediakan layanan Wi-Fi di gerbong kereta Argo Anggrek New Image yang mulai beroperasi bulan Agustus 2011. "Jadi, tak perlu khawatir terjadi blank spot," kata Direktur Komersial PT Kereta Api, Sulistyo Wimbo Hardjito, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat, 22 Juli 2011.

Kereta Argo Bromo Anggrek New Image yang berjalan dari Jakarta-Surabaya-Jakarta ini setiap harinya mengangkut 400 penumpang. Sulistyo mengatakan tidak ada perbedaan harga tiket antara kereta berWi-Fi ini dengan Argo Anggrek biasa yang harga tertingginya mencapai Rp 650 ribu.

Untuk menghadirkan layanan Internet di gerbong kereta ini, PT Kereta Api menggandeng PT. XL Axiata atau dikenal sebagai operator selular XL. Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan ide untuk menyediakan Wi-Fi di kereta ini berasal dari Jepang.

"Di Jepang orang yang naik kereta api jarang yang tidur," kata Hasnul. Selama perjalanan, mereka biasanya menggunakan telepon selular dan laptop untuk melakukan komunikasi melalui Internet.

Selain menyediakan layanan Internet gratis, PT Kereta Api juga memasang colokan listrik di setiap gerbong supaya penumpang bisa mengisi baterai ponsel atau komputer jinjing mereka. Adapun di area stasiun, PT Kereta Api dan XL menempatkan telepon umum gratis.

Saat ini baru enam stasiun kereta yang memiliki telepon umum gratis, yakni Gambir Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Sulistyo menambahkan, kerja-sama yang telah dirintis PT Kereta Api dan XL selama ini antara lain penyedia layanan solusi telekomunikasi dan data bagi PT Kereta Api serta sewa lahan untuk keperluan infrastruktur jaringan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita Dunia dengan judul Indonesia Desain Kereta Wi-Fi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/indonesia-desain-kereta-wi-fi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Indonesia Desain Kereta Wi-Fi"

Posting Komentar