Irfan Rojeki

E-KTP di Kelurahan Tomang Sudah Beroperasi

  

Setelah molor sekitar delapan hari, akhirnya Jakarta Barat mulai mengoperasikan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP. Namun dari 56 kelurahan baru Kelurahan Tomang yang sudah memanggil warganya, mulai Senin, 8 Agustus 2011.

Menurut Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat Ahmad Fauzi, pemanggilan warga hari Senin kemarin di Kelurahan Tomang baru uji coba. "Senin dicoba sebelas warga, berhasil. Selasa ini mulai dipanggil 50 warga, besok jumlah yang dipanggil semakin banyak," kata Fauzi saat dihubungi pada Selasa, 8 Agustus 2011.

Berdasar data, Kelurahan Tomang mempunyai 250 ribu warga yang harus dilayani pembuatan e-KTPnya. Dan sesuai dengan target Kementerian Dalam Negeri, pembuatan kartu tersebut harus selesai dalam seratus hari kerja. "Kalau petugas sudah melewati masa penyesuaian, dalam sehari bisa dilakukan pemanggilan untuk 250 warga untuk membuat e-KTP," ujar dia.

Selain Tomang, kelurahan yang sudah siap memasuki masa pemanggilan warga adalah Kelurahan Tanjung Duren Selatan. Pada Selasa ini Tanjung Duren Selatan sudah mulai melakukan masa uji coba koneksi data dengan Kementerian Dalam Negeri. Bila jaringan sudah stabil, kelurahan ini akan mengikuti jejak Kelurahan Tomang, mulai memanggil warganya.

"Pemanggilan warga tidak bisa dilakukan serentak seluruh kelurahan seperti rencana awal. Kelurahan yang siap duluan langsung memanggil warganya," kata dia.

Pada pemberitaan sebelumnya, dari 56 kelurahan, baru 15 kelurahan yang mendapat perangkat secara lengkap. Kelima belas kelurahan itu adalah Rawa Buaya, Tomang, Tanjung Duren Selatan, Damar Baru, Taman Sari, Pinangsia, Duri Utara, Tanah Sereal, Angke, Pekojan, Kebon Jeruk, Kedoya Utara, Kedoya Selatan, Kota Bambu Utara, dan Kemanggisan.

"Sebetulnya ke-56 kelurahan sudah menerima perangkat e-KTP. Tapi baru 15 kelurahan yang lengkap perangkatnya. Itu pun baru satu perangkat," kata Fauzi. Tiap kelurahan, lanjut Fauzi, mendapat perangkat e-KTP dengan jumlah yang tidak sama, antara dua sampai tiga perangkat tergantung pada banyaknya jumlah warga di kelurahan tersebut.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Indonesia dengan judul E-KTP di Kelurahan Tomang Sudah Beroperasi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/e-ktp-di-kelurahan-tomang-sudah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "E-KTP di Kelurahan Tomang Sudah Beroperasi"

Posting Komentar