Irfan Rojeki

Cara Informasi Bisa Lolos dari Lubang Hitam



Selama ini lubang hitam dianggap dapat menelan segala sesuatu yang berada terlalu dekat dengannya. Sekali memasuki lubang hitam, tak ada yang bisa membebaskan diri dan keluar dari lubang hitam. Namun penelitian fisikawan dari University of York menunjukkan  informasi ternyata bisa keluar dari obyek paling masif di alam semesta ini.

Penelitian ini menyumbangkan pemikiran baru terhadap aspek fisika lubang hitam. Lubang hitam ditemukan oleh fisikawan sejak satu abad lalu. Obyek ini menempati daerah yang amat kecil namun menyimpan massa dan energi dalam jumlah besar.

Sebuah lubang hitam memiliki massa ratusan hingga ratusan ribu kali massa matahari. Tak satupun benda dapat lepas dari tarikan gravitasi obyek ini, termasuk cahaya.

Selain informasi massa, muatan listrik, dan momentum sudut, tak ada lagi informasi soal lubang hitam yang bisa diketahui fisikawan. Karenanya terdapat istilah bahwa lubang hitam “tidak memiliki rambut” karena menahan banyak informasi mengenai isi perutnya.

Samuel Braunstein dan Manas Patra dari University of York menelaah termodinamika di sekitar lubang hitam. Mereka menemukan informasi juga bisa bocor dari kegelapan ruang-waktu tersebut.

“Informasi dari lubang hitam bisa diidentifikasi menggunakan teori informasi kuantum tanpa mengubah ruang, waktu, dan gravitasi,” ujar Braunstein di laman resmi University of York.

Pada prinsipnya, teori informasi kuantum yang diterapkan mereplika pesan yang akan disampaikan dari satu sistem kuantum ke sistem kuantum lain sampai akhirnya bocor ke luar. Situasi ini dimanfaatkan oleh peneliti untuk memperoleh informasi dari lubang hitam.

“Hasil penelitian ini memperluas prediksi oleh teknik yang ada dengan bersandar pada pengetahuan mengenai ruang-waktu dan geometri,” tambah Braunstein.

Kedua peneliti beranggapan teori informasi kuantum memainkan peran kunci dalam menggabungkan dua teori utama fisika yaitu teori mekanika kuantum yang mengurusi hal-hal teramat kecil dan gravitasi yang mengurusi benda-benda besar.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Info dengan judul Cara Informasi Bisa Lolos dari Lubang Hitam. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/cara-informasi-bisa-lolos-dari-lubang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Cara Informasi Bisa Lolos dari Lubang Hitam"

Posting Komentar