Irfan Rojeki

Burung Unik Suka Sesama Jenis


foto
Burung Zebra finch ternyata punya perilaku unik. Burung bersuara tinggi ini menyukai sesama jenis. Menurut sebuah penelitian, burung tersebut juga berkicau dan bersolek bukan hanya untuk jenis kelamin berbeda, tetapi juga untuk sesama jenis.

"Penelitian ini membuktikan hewan juga memiliki hubungan yang kompleks antara jantan dan betina," kata kepala penelitian ini, Julie Elie dari University of California Berkeley. "Mereka bukan sekadar bertemu lalu bereproduksi."

Tim peneliti tertarik pada perilaku zebra finch karena mempunyai kemampuan sosial yang tinggi. Burung jantan, misalnya, berkicau, saling memperlihatkan keindahan tubuh dan warna, serta hidup dalam satu sarang. "Saya tertarik bagaimana hewan membangun hubungan dan penggunaan kicauan dalam interaksinya," kata Elie.

Elie dan timnya--Clementina Vignal dan Nicolas Mathecon dari Universitas Saint-Etienne, Prancis--kemudian memelihara zebra finch yang masih muda dalam kelompok berdasarkan jenis kelamin. Ternyata lebih dari setengah berpasangan dengan burung yang sama jenis kelaminnya.

Pasangan satu kelamin itu kemudian diamati secara mendalam untuk melihat bahwa tanda-tanda hubungan sepenuhnya terikat. Pasangan dengan hubungan yang terikat, menurut Elie, adalah yang bertengger bersebelahan, punya satu sarang, dan saling menyapa dengan menyentuhkan paruhnya.

Pengamatan ini mengarahkan Elie pada hasil yang mengejutkan: burung dari jenis kelamin yang sama juga berinteraksi dalam bentuk yang bersatu, seperti pasangan jantan-betina. Penelitian tentang perilaku zebra finch ini dipublikasikan di jurnal Behavioural Ecology dan Sociobiology.

Zebra finch atau Taeniopygia guttata adalah jenis burung yang ditemui di Australia, Timor Leste, dan Indonesia. Burung ini biasanya hidup di dekat sumber air. Burung ini terkenal dengan kicauannya yang merdu. Ukuran tubuh rata-rata burung ini adalah 10 sentimeter. Di Indonesia, burung ini juga dikenal dengan nama zebra finch.

Contoh tentang pasangan burung sejenis kelamin juga ditemukan pada burung camar dan elang laut.

Adapun di kebun binatang New York, Amerika Serikat, juga ada hewan yang berpasangan sesama jenis. Mereka adalah pasangan penguin, Roy dan Silo.

Hubungan mereka terikat satu sama lain dan keduanya tidak memberikan perhatian kepada penguin betina. Roy dan Silo membangun sarang bersama dan melakukan inkubasi serta mengerami satu telur.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Unik dengan judul Burung Unik Suka Sesama Jenis. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/burung-unik-suka-sesama-jenis.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Burung Unik Suka Sesama Jenis"

Posting Komentar