Irfan Rojeki

Biaya Pemakaian Domain Indonesia Baru 58 Ribu


foto
Penggunaan nama domain Indonesia, [namadomain].id, baru sekitar 58 ribu dari 250 ribu nama domain Internet yang terdaftar di Indonesia.

"Hanya sekitar 23 persen yang menggunakan [namadomain].id di Indonesia," kata Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Andi Budimansyah saat pengenalan pengurus baru periode 2011-2014 di Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2011.

Menurut Andi, persentase penggunaan nama domain Indonesia tersebut terbilang masih kecil bila dibandingkan dengan penggunaan nama domain Inggris dan Jepang. Saat ini terdapat 200 juta nama domain Internet yang terdaftar di seluruh dunia.

Andi berkeinginan adanya peningkatan penggunaan nama domain Indonesia ini oleh masyarakat dan komunitas Indonesia. PANDI ingin agar masyarakat Indonesia bisa bangga menggunakan namadomain.id seperti masyarakat Jepang yang bangga menggunakan namadomain.jp atau masyarakat Inggris yang bangga menggunakan nama domain.uk.

Masih rendahnya penggunaan namadomain.id, menurut Andi, disebabkan adanya pandangan negatif tentang tata cara pendaftaran domain yang dinilai masih sulit. "Anggapan itu sebagian ada benarnya, karena itu kami akan memperbaiki," katanya.

Ke depannya, PANDI hanya akan melakukan fungsi sebagai registry dan tidak lagi menjalankan fungsi registrar dan juga reseller yang menjual domain kepada masyarakat pengguna. Fungsi registrar akan diserahkan kepada perusahaan-perusahaan yang memenuhi persyaratan. "Kami tidak akan membatasi jumlah registrar," kata Andi.

PANDI akan menerapkan standar kebijakan internasional dalam pengelolaan namadomain.id. Penerapan standar ini akan menggandeng perusahaan GMO Registry dari Jepang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Indonesia dengan judul Biaya Pemakaian Domain Indonesia Baru 58 Ribu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/biaya-pemakaian-domain-indonesia-baru.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Biaya Pemakaian Domain Indonesia Baru 58 Ribu"

Posting Komentar