Irfan Rojeki

Apple Patenkan Teknologi 'Menggambar' di Layar

Merancang antarmuka untuk layar sentuh bukanlah pekerjaan mudah. Banyaknya gerakan yang harus ditangkap dan direspon layar terkadang membuatnya harus bekerja ekstra keras, bahkan sampai kewalahan sehingga layar menjadi kurang sensitif dan responsif lagi terhadap sentuhan.

Selama ini, teknologi sentuh baru bisa mengadopsi perintah dua sentuhan secara bersamaan pada satu layar. Biasanya fitur ini digunakan untuk bermain game. Namun, bagaimana jika gerakan usapan jari kita membentuk bidang tertentu, apakah layar mampu meresponnya?

Pada Februari lalu, Apple Inc. mendaftarkan paten untuk teknologi layar multisentuh dengan elemen antarmuka khusus. Contohnya, untuk membuka sebuah situs atau window baru, pengguna tak perlu lagi mengklik mesin browser. Cukup dengan menggerakkan jemari seperti membuat sebuah persegi panjang, maka halaman web akan muncul di layar.

Begitu juga apabila pengguna ingin membuat file atau folder baru serta mentrasfernya dari ponsel ke komputer atau sebaliknya. Singkatnya, teknologi multisentuh ini mencoba untuk memahami gerakan dan grafis untuk mematuhi perintah tertentu.

Kendati belum jelas OS apa yang akan mengadopsi teknologi multisentuh dengan elemen khusus ini, dalam berkas pengajuan paten, Apple memberi contoh kinerja multisentuh itu pada tablet, ponsel, dan komputer berlayar sentuh.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknologi dengan judul Apple Patenkan Teknologi 'Menggambar' di Layar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://irfan-rojeki.blogspot.com/2011/08/apple-patenkan-teknologi-menggambar-di.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: -Irfan-Rojeki- -

Belum ada komentar untuk "Apple Patenkan Teknologi 'Menggambar' di Layar"

Posting Komentar